Tak Perlu Panik! Inilah Cara Menangani Kucing Keracunan

- 10 Oktober 2022, 15:16 WIB
Cara menangani kucing keracunan/Pixabay/TeamK/Tuban Bicara
Cara menangani kucing keracunan/Pixabay/TeamK/Tuban Bicara /

Tuban Bicara – Kucing merupakan salah satu hewan lucu yang paling digemari. Tak heran jika banyak orang yang memelihara anabul ini. Hewan ini juga mudah terserang penyakit apabila kurang memperhatikan kesehatan dan lingkungannya. Jika memelihara kucing di rumah memang harus hati-hati dengan tanaman hias yang beracun. Tidak hanya itu, sejumlah barang termasuk obat-obatan juga berbahaya bagi anak bulu yang sering penasaran ini. Meskipun sudah menjaga rumah aman untuk si meong, namun bukan tidak mungkin kucing keracunan. Bisa jadi tetangga memasang perangkap atau racun tikus, lantas si anabul tidak sengaja memakannya hingga keracunan. Atau ada bahan beracun di tong sampah atau lainnya, hal ini juga bisa terjadi, kamu memang harus bersiap.Tak perlu panik jika si kucing mengalami keracunan. Berikut cara menangani kucing yang mengalami keracunan :

Baca Juga: 10 Rekomendasi Lagu NCT yang Cocok Untuk Menemanimu Perjalanan Maupun Bersantai

Ketika dicurigai mengalami keracunan dan sang hewan telah berbaring lemas, yang harus kamu lakukan pertama kali adalah pindahkan dia ke tempat yang udaranya lebih baik dan terbuka, hal ini bisa membantunya untuk lebih tenang menghadapi keadaan, karena ketika kucing sedang keracunan dan ia malah panik serta banyak bergerak, itu hanya membuat racun lebih cepat untuk menjalar ke tubuhnya.

  1. Bilas dan bersihkan tubuh kucing

Bila kucing memiliki bau racun di kulitnya, cara mengatasi kucing keracunan yang pertama adalah basuh seluruh tubuh kucing dengan sabun lembut sampai baunya hilang. Kucing akan terus menjilat area yang mengandung racun bila tidak dicuci. Membilas mulut kucing dengan air bersih membantu mencegah keracunan.

  1. Membaringkan tubuh kucing ke kanan

Membaringkan kucing ke kanan, sementara kepala ditarik ke arah belakang agar membuka saluran pernapasan. Hal ini dilakukan kalau kucing tidak sadar atau pingsan, jangan lupa cek napas dan juga detak jantung anak bulu.

  1. Hubungi / Pergi ke Dokter Hewan

Jika kamu tidak mempunyai waktu untuk datang ke dokter hewan, kamu sebenarnya bisa melakukan komunikasi via telfon untuk dibantu diagnosa, banyak sekali aplikasi yang memungkinkan hal tersebut terjadi.

Baca Juga: Jauh Dari Karakter Aslinya, Ini Alasan Aktor Do Kyung Soo Ambil Peran Jaksa Tengil di Drama Bad Prosecutor

  1. Identifikasi racun

Melakukan identifikasi racun merupakan cara mengobati kucing keracunan yang sangat efektif jika memang mungkin untuk dilakukan, jika kamu secara gamblang atau apa produk yang sebelumnya kucing makan, kamu bisa langsung memfotonya dan juga mencatat kandungan yang dimiliki jika itu adalah makanan kemasan.

  1. Mengobati dengan secara alami

a. Berikan madu

Halaman:

Editor: Ainun Machmudia

Sumber: Kabarbesuki.pikiran-rakyat.com


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x