Makna Idul Adha Serta Keutamaan, Waktu, Cara Dan Niat Puasa Tarwiyah Arofah

- 29 Juni 2022, 13:27 WIB
Lebaran Idul Adha tahun 2022 jatuh pada tanggal berapa? ini jadwal Idul Adha 2022 versi NU dan Muhammadiyah
Lebaran Idul Adha tahun 2022 jatuh pada tanggal berapa? ini jadwal Idul Adha 2022 versi NU dan Muhammadiyah /Pixabay/Pixabay

TUBANBICARA.com - Idul Adha dekat di depan mata, umat islam mulai berbondong-bondong menyiapkan untuk merayakan-nya. 

 

Nama lain dari Idul Adha adalah Lebaran Haji yangmana merupakan hari besar umat islam yang diperingati dengan menyembelih hewan qurban.

 

Perayaan Idul Adha juga merupakan waktu guna memperingati kisah teladan dan ujian paling berat yang dialami Nabi Ibrahim yangmana ketika beliau bersedia mengkorbankan putranya sendiri yaitu Nabi Ismail kepada Allah SWT untuk disembelih, tetapi kemudian sembelihan itu oleh Allah SWT diganti dengan seekor domba. 

 

Dalam memperingati Idul Adha ada dua puasa sunah yang dikerjakan menjelang Idul Adha yaitu puasa Tarwiyah dan Arafah. Dua puasa ini dikerjakan dua hari berturut-turut menjelang Idul Adha yaitu pada tanggal 8 dan 9 Dzulhijjah. 

Baca Juga: Renungan Bagi Kita, Hidup Itu Apa? Begini Penjelasan Gus Baha Soal Problematika Orang

 

Dikutip dari buku Amalan Ibadah Bulan Dzulhijjah karya Hanif Luthfi (28/6) puasa Tarwiyah merupakan puasa sunnah yang dikerjakan pada 8 Dzulhijjah atau dua hari sebelum Hari Raya Idul Adha. Sementara puasa Arafah dikerjakan pada 9 Dzulhijjah atau satu hari sebelum Idul Adha.

Halaman:

Editor: Fery Murya Vandi


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x