Kalah Telak dari Malaysia, Timnas Indonesia Terancam Gagal Lolos Piala Asia U-17

- 10 Oktober 2022, 10:10 WIB
Timnas U-17 gagal lolos ke Piala Asia 2023 usai kalah dari Malaysia 5-1.
Timnas U-17 gagal lolos ke Piala Asia 2023 usai kalah dari Malaysia 5-1. /PSSI

TUBANBICARA.COM - Fase kualifikasi Piala Asia U-17 2023 Grup B menjadi moment pahit yang harus ditelan Tim nasional U-17 Indonesia setelah harus dipaksa keunggulan Malaysia dengan skor telak 1-5 pada pada laga terakhir di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Minggu malam.

Dari hasil laga tersebut, Malaysia dipastikan lolos ke Piala Asia U-17 2023 dengan 10 poin dan mengokohkan di puncak klasemen. Sedangkan Indonesia dengan poin 9 harus puas di peringkat kedua Grup B. Meski menjadi runner up Grup B peluang Indonesia lolos sangat sulit terwujud sebab selisih gol tim asuhan Bima Sakti berminus besar dibandingkan 10 peringkat kedua sementara di Kualifikasi Piala Asia U-17 2022.

Indonesia masih memiliki peluang untuk melaju ke Piala Asia U-17 2023 melalui jalur enam "runner up" terbaik.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Lagu NCT yang Cocok Untuk Menemanimu Perjalanan Maupun Bersantai

Di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023, khusus untuk grup dengan lima peserta seperti Grup B, hasil pertandingan dengan tim peringkat keempat dan kelima tidak masuk dalam hitungan dalam penentuan enam "runner up" terbaik. Itu artinya, kemenangan Indonesia atas Guam 14-0 dan Palestina 2-0 diabaikan. Hanya hasil menang 3-2 atas Uni Emirat Arab dan kalah 1-5 dari Malaysia yang dikalkulasi. Itu membuat, di antara 10 peringkat kedua kualifikasi, Indonesia berpoin tiga dengan selisih gol minus tiga.

Namun, hasil pasti untuk enam "runner up" terbaik baru dapat terlihat setelah semua pertandingan Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 tuntas. Pada pertandingan versus Malaysia, Indonesia yang hanya membutuhkan hasil seri untuk melaju ke Piala Asia U-17 2023 sebenarnya tampil menekan sejak awal.

Baca Juga: Sukses Tuntaskan jurus, Saudara Baru PSHW-TM Ranting Rengel Terima Piagam

Pada menit kedua, sepakan penyerang Arkhan Kaka membentur mistar gawang, lalu bola tendangan Muhammad Kafiatur Rizky ditepis kiper Malaysia Muhammad Farish Farhan lima menit kemudian. Setelah itu, kendali pertandingan ada di kubu Malaysia. Mengandalkan serangan sayap, Malaysia melesakkan gol pertama pada menit ke-17 melalui Muhammad Zainurhakimi Zain.

Tiga menit kemudian, Muhammad Arami Wafiy menggandakan keunggulan Malaysia. Skuad muda "Harimau Malaya" lalu menambah gol lagi berkat Muhammad Anjasmirza (23') dan Muhammad Afiq Danish (27).

Halaman:

Editor: Imam Sarozi

Sumber: ANTARA


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x