Cara Mudah Menghafal Al-Qur’an dengan 8 Tips

- 5 Desember 2020, 16:35 WIB
Al-Qur'an
Al-Qur'an /PIXABAY

 

Tuban Bicara - Menghafalkan Al-Qur'an adalah salah satu ibadah yang sangat mulia. Banyak sekali keutamaan dari menghafal Al-Qur'an. Keutamaan itu telah disebutkan di dalam banyak ayat dan hadits. 

Adapun keutamaan tersebut di antaranya ialah hati menjadi tentram; mendapatkan kebaikan sebanyak huruf yang dibaca/dihafalkan; akan bersama dengan rombongan malaikat; akan mendapat syafaat dari Al-Qur'an; dan sebagainya.

Baca Juga: Hukuman bagi para Koruptor dan Penghianat dalam Al-Qur’an

Selain sebagai sumber hukum Islam yang pertama, Al-Qur'an juga merupakan mu'jizaf terbesar yang pernah ada. Sebab, Al-Qur'an akan selalu ada dan terpelihara sampai hari akhir. Nah, penghafal Al-Qur'an merupakan salah satu hamba Allah yang ikut memelihara mu'jizat terbesar ini. Hebat, bukan?

Nah, maka dari itu, sudah tentunya kita termotivasi untuk menghafalkan Al-Qur'an. Apabila belum pernah menghafal Al-Qur'an, setidaknya mulai dari sekarang yuk kita bersama-sama menghafalnya. Jika benar-benar ber-azzam (bertekad kuat), insya Allah menghafal Al-Qur'an itu mudah. 

Karena mudahnya menghafal Al-Qur'an, ada kisah nyata dari anak yang cacat (terkendala di otaknya) bisa menghafal Ak-Qur'an 30 juz. Bahkan, ada juga kisah orang yang sudah tua bisa menghafal Al-Qur'an.

Baca Juga: Hadapi Era Baru, Kemensos Siapkan Tata Kelola SDM

Lantas, bagaimana cara menghafal Al-Qur'an? Yuk simak 8 tips menghafal Al-Qur'an dengan mudah berikut ini!

  1. Niatkan karena Allah Ta'ala

Tips yang pertama dan utama adalah niatkan bahwa menghafal Al-Qur'an hanyalah untuk menggapai Ridho Allah Swt. Dengan demikian, insya Allah motivasi kita menghafal Al-Qur'an akan benar-benar kuat. 

Halaman:

Editor: Imam Sarozi


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah