BMKG Himbau Jawa Timur Waspadai Potensi Akan Hujan Deras Hari Ini

- 15 Oktober 2022, 11:21 WIB
Ilustrasi Hujan Lebat
Ilustrasi Hujan Lebat /Pixabay/

Tuban Bicara - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap hujan lebat yang dapat mengakibatkan longsor dan banjir di sebagian wilayah di Indonesia.

Dikutip dari lama resmi BMKG di Jakarta, Sabtu disebutkan wilayah Sumatera Utara berpotensi hujan lebat di pegunungan, lereng timur dan pesisir timur yang dapat mengakibatkan longsor dan banjir.

Baca Juga: Baru Jabat Kapolda Jatim Irjen Teddy Minahasa Diduga Ditangkap Terkait Narkoba, Ahmad Sahroni Membenarkan

Sementara untuk sebagian besar wilayah Kalimantan Tengah yang berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dan disertai angin kencang, diminta untuk mewaspadai adanya banjir, tanah longsor, angin kencang, kilat dan pohon tumbang.

Bagi yang berada di wilayah Jawa Timur, waspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat pada pagi hari di wilayah Kabupaten Mojokerto dan Gresik.

Baca Juga: Jalan Utama Dua Kecamatan di Pacitan Tertimbun Tanah Longsor, Terpaksa Dialihkan
Siang sampai sore hari di wilayah Kabupaten Kediri, Kabupaten Malang, Kota Malang, Batu, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Jember dan Bondowoso. Malam hari di wilayah Surabaya, Gresik, Tuban dan Bangkalan.

Hujan dengan intensitas sedang dan lebat disertai angin kencang pada siang dan sore hari juga akan terjadi di Bengkulu, Kalimantan Selatan, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Sumatera Barat.

Baca Juga: Ketua IMF Mendesak Untuk Berjuang Agresif Melawan Inflasi yang Melonjak

Hujan pada siang dan malam dengan intensitas sedang hingga lebat juga terjadi di wilayah Sulawesi Tengah dan Sumatera Selatan dengan durasi singkat. Dan Kalimantan Utara akan berpotensi hujan sedang dan lebat pada sore, malam dan dini hari.

Halaman:

Editor: Ainun Machmudia

Sumber: Jatim.Antaranews


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

Suara Soppeng

Prabowo Doakan Denny Caknan

3 Desember 2022, 07:15 WIB
x