LIPI Serahkan 180 Produk Lampu Emergency Multifungsi kepada dua Yayasan Sosial di Tangerang

- 16 Desember 2020, 14:40 WIB
Logo LIPI /Pikiran Rakyat/.*/Pikiran-Rakyat.com

 

Tuban Bicara - Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menyerahkan 180 produk Lampu Emergency Multifungsi yang telah disempurnakan kepada dua yayasan sosial dan keagamaan yang berbasis di Tangerang, yaitu Yayasan Ummah Mulia Bangsa dan Yayasan Uswatun Hasanah.

Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik LIPI, Agus Haryono dalam sambutannya mengatakan bahwa, produk Lampu Emergency Multifungsi ini telah mengalami berbagai perbaikan sejak pertama kali dikembangkan pada 2016.

“Pusat Penelitian Teknologi dan Mekatronik LIPI juga memiliki riset-riset lain yang bisa dimanfaatkan dan didiseminasikan ke masyarakat, termasuk hasil-hasil riset yang berkaitan dengan penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia,” terangnya, saat menyelenggarakan diseminasi produk teknologi Lampu Penerangan Emergency Multifungsi pada Minggu (13/12) di ruang rapat Alysium, Hotel Sapphire Sky, Tangerang.

Baca Juga: Terjadi Serangan Milisi Bersenjata di Nigeria, Ratusan Siswa Sembunyi di Hutan

Baca Juga: Usai 3 Kali Tolak Jadi Menteri Jokowi, Kini Risma Pilih Manut Megawati

Sementara itu, Perwakilan Deputi Penguatan Riset dan Pengembangan, Kemenristek/BRIN, Sri Astuti menjelaskan bahwa Kemenristek/BRIN mendukung penuh upaya Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) dalam mendiseminasikan produk-produk risetnya. Salah satunya melalui skema pendanaan PTDM.

“Hilirisasi produk memberikan dua manfaat utama sekaligus yaitu, pendayagunaan produk teknologi hasil litbang dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, serta mempercepat diseminasi dan pemanfaatan produk teknologi yang potensial dari Lembaga Litbang ke masyarakat,” tuturnya. Dikutip Tuban Bicara dari laman lipi.go.id. (14/12).

Koordinator Tim Peneliti Lampu Hemat Energi, Dalmasius Ganjar Subagyo mengungkapkan bahwa salah satu perubahan signifikan terkait produk ini adalah desain produk yang lebih elegan sehingga memiliki nilai jual industri yang lebih baik.

Baca Juga: dr. Tirta Tanggapi Keputusan Pemerintah Soal Vaksin: Harusnya Hak Segala Orang, Gratis

Halaman:

Editor: Imam Sarozi

Sumber: lipi.go.id


Tags

Artikel Terkait

Terkini

X