Menteri PPPA: Pemberdayaan Perempuan Jadi Sektor Penting untuk Kemajuan Bangsa

- 20 November 2020, 20:03 WIB
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, (PPPA), Bintang Puspayoga /intagram@kemenppa/

Tuban Bicara - Adanya Pandemi Covid-19 menjadi ancaman krisis ketahanan pangan. Hal itu terjadi karena terhambatnya distribusi pasokan pangan akibat karantina wilayah dan pembatasan transportasi yang diterapkan beberapa daerah di Indonesia.

Baca Juga: Mendagri Sebut Angka Pelanggaran Prokes Selama Pilkada Cenderung Kecil
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, (PPPA), Bintang Puspayoga mengatakan bahwa dengan pemberdayaan perempuan, permasalahan serta dampak negatif yang timbul akibat pandemi Covid-19 dapat terselesaikan dengan lebih cepat dan tepat.

“Perempuan yang berdaya adalah kekuatan bagi kemajuan bangsa," kata Menteri Bintang dalam acara Gerakan ‘Tanam Serentak Seluruh Indonesia’ yang dilaksanakan secara virtual, Rabu, 18 November 2020. Dikutip Tuban Bicara dari situs resmi kemenpppa.go.id.

Menteri Bintang mengungkapkan,berdasarkan data proyeksi BPS, pada 2018, tercatat sekitar 49,8% total penduduk Indonesia adalah perempuan. Jumlah ini menunjukan bahwa perempuan adalah setengah dari kekuatan sumber daya manusia (SDM) bangsa ini.

Baca Juga: Pemprov Jatim Terima Bantuan Alat Prokes Penanganan Covid-19

Baca Juga: Pameran INAPRO Expo 2020, Gubernur Jatim: Dorong Usaha Mikro dapat PBJP

"Kita membutuhkan perempuan-perempuan yang mandiri dan berdaya untuk meningkatkan kualitas SDM dan keluarga Indonesia. Untuk itu, Kementerian PPPA terus berupaya agar perempuan dapat terlibat dan berperan secara aktif dalam proses pembangunan,” tuturnya.

Menteri PPPA menambahkan para peserta juga dibekali pengetahuan untuk bisa memonitor kegiatan pertanian secara digital. Perempuan-perempuan yang memiliki kecakapan digital, nantinya akan berpengaruh pada peningkatan kualitas SDM bangsa Indonesia.

“Saya sangat mendukung jika gerakan ini terus dilaksanakan secara berkelanjutan, diduplikasi ke lebih banyak daerah, dan dilaksanakan lebih masif untuk mencapai manfaat yang lebih besar lagi," imbuhnya.

Halaman:

Editor: Imam Sarozi

Sumber: kemenpppa.go.id


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

X