Beberapa Hal yang Bisa Dilakukan Umat Muslim ketika Jum'at Tiba

- 25 Desember 2020, 08:21 WIB
Beberapa Hal yang Bisa Dilakukan Umat Muslim Ketika Jum'at Tiba
Beberapa Hal yang Bisa Dilakukan Umat Muslim Ketika Jum'at Tiba /Don Abdul/Aksara Jum'at

Tuban Bicara - Hari Jum'at merupakan hari yang istimewa, khususnya bagi umat Muslim dimanapun berada. Merujuk pada kitab Minhajul Muslim, hari Jum'at merupakan hari yang mulia, agung, dan termasuk hari terbaik dunia. 

Maka dari itu, sebagai umat Muslim seyogianya memperbanyak amal saleh di hari Jum'at. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan umat Muslim ketika Jum'at tiba.

Mandi. Meniatkan mandi sunah sebelum melakukan salat Jum'at. Kemudian memakai pakaian bersih dan memakai wewangian (parfum). Dan bersegera berangkat salat Jum'at sebelum waktunya. 

Baca Juga: Sayyid Seif Alwi Ba'Alawi Ajak Masyarakat Bela Merah Putih

Jangan lupa untuk melakukan salat sunah empat rakaat atau lebih ketika masuk masjid. Tidak berbicara dan bermain gawai sendiri ketika khotbah berlangsung. Disunahkan membaca surat Al-Kahfi dan memperbanyak salawat dan salam kepada manusia terbaik sepanjang zaman, Rasulullah. 

Memperbanyak do'a di hari Jum'at, sedekah, dan lain sebagainya. Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan umat Muslim ketika sinar mentari menyinari bumi di hari Jum'at. Dan tak kalah pentingnya, untuk senantiasa bersyukur atas segala sesuatu yang telah diberikan Tuhan Yang Maha Pengasih.***

Editor: Yogi Abdul Gofur


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah