Inilah 5 Ciri Khas Masjid NU di Indonesia

18 Januari 2021, 09:47 WIB
Ilustrasi masjid. /Pixabay/musthaqsms

Tuban Bicara - Di kawasan Rungkut, Surabaya, ada jamaah Majelis Shalawat bernama Paseban Agung yang dibina oleh Kiai Mukarram. 

Jamaahnya mencapai ribuan orang, namun selama masa pandemi ini hanya Ngaji Ahad pagi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Kyai Mukarram menyampaikan tentang dalil-dalil seputar Masjid yang menjadi ciri khas Masjid NU, tetapi dibidahkan oleh saudara Muslim yang lain. Berikut ini dalil-dalinya:

Baca Juga: Gus Dur, Seorang Ulama Yang Susah Ditiru Keikhlasannya

1. Ada tongkatnya.

عَنْ شُعَيْبِ بْنِ رُزَيْقٍ الطَّائِفِىِّ قَالَ شَهِدْنَا فِيْهَا الْجُمُعَةَ مَعَ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَامَ مُتَوَكِّئًا عَلَى عَصًا أَوْ قَوْسٍ

Diriwayatkan dari Syuaib bin Zuraiq, ia berkata: “Kami menyaksikan di Madinah di hari Jumat bersama Rasulullah, kemudian beliau berdiri dengan berpegang pada tongkat atau anak panah” (HR Abu Dawud No 1098).

Baca Juga: Terkait Vaksinasi, Gus Ishom : Pemerintah Tak Akan Celakakan Rakyatnya


2. Pakai mimbar, bukan podium.

Hadist yang sesuai Sunnah Nabi adalah Mimbar dengan 3 anak tangga.

عَنْ أُبَيِّ بْنِ كَعْبٍ قَالَ كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي إِلَى جِذْعٍ إِذْ كَانَ الْمَسْجِدُ عَرِيْشًا . وَكَانَ يَخْطُبُ إِلَى ذَلِكَ الْجِذْعِ فَقَالَ رَجُل مِنْ أَصْحَابِهِ هَلْ لَكَ أَنْ نَجْعَلَ لَكَ شَيْئًا تَقُوْمُ عَلَيْهِ يَوْمَ الْجُمْعَةِ حَتَّى يَرَاكَ النَّاسُ وَتُسْمِعَهُمْ خُطْبَتَكَ ؟ قَالَ ( نَعَمْ ) فَصُنِعَ ثَلاَثُ دَرَجَاتٍ . فَهِيَ الَّتِي أَعْلَى الْمِنْبَرِ

Baca Juga: 4 Tanda Sholatmu Diterima Oleh Allah

“Rasulullah salat dan khutbah di dekat pelepah kurma. Ada sahabat usul: “Bagaimana jika kami buatkan untuk Anda sebuah tempat yang dapat dilihat oleh orang dan suara khutbah Anda bisa didengar orang?” Nabi menjawab: “Ya”. Maka dibuatlah mimbar dengan 3 tangga, (HR Ibnu Majah No 1414).


3. Adzan dua kali sebelum sholat Jum'at

عَنِ السَّائِبِ بْنِ يَزِيدَ قَالَ كَانَ النِّدَاءُ يَوْمَ الْجُمُعَةِ أَوَّلُهُ إِذَا جَلَسَ الإِمَامُ عَلَى الْمِنْبَرِ عَلَى عَهْدِ النَّبِىِّ - صلى الله عليه وسلم - وَأَبِى بَكْرٍ وَعُمَرَ - رضى الله عنهما - فَلَمَّا كَانَ عُثْمَانُ - رضى الله عنه - وَكَثُرَ النَّاسُ
زَادَ النِّدَاءَ الثَّالِثَ عَلَى الزَّوْرَاءِ

Baca Juga: 3 Golongan Wanita Calon Penghuni Neraka

Adzan tambahan dalam sholat Jumat memang baru dilakukan di masa Sayidina Utsman bin Affan dengan pertimbangan semakin banyaknya umat Islam, (HR al-Bukhari No 412-916, kemudian hal ini menjadi ketetapan).

Dari hadis ini al-Hafidz Ibnu Hajar berkata: “Terlihat jelas bahwa orang-orang melakukan intruksi Utsman di semua Negara, karena beliau adalah pemimpin yang ditaati,” (Fath al-Bari 3/318).


4. Bilal Jum'at

( فَرْع ) اتِّخَاذُ الْمَرْقَى الْمَعْرُوفِ بِدْعَة حَسَنَة لِمَا فِيهَا مِنْ الْحَثِّ عَلَى الصَّلَاةِ عَلَيْهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِقِرَاءَةِ الْآيَةِ الْمُكَرَّمَةِ وَطَلَبِ الْإِنْصَاتِ بِقِرَاءَةِ الْحَدِيثِ الصَّحِيحِ الَّذِي كَانَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْرَؤُهُ فِي خُطَبِهِ وَلَمْ يَرِدْ أَنَّهُ وَلَا الْخُلَفَاءَ بَعْدَهُ اتَّخَذُوا مَرْقِيًّا . وَذَكَرَ ابْنُ حَجَرٍ أَنَّهُ لَهُ أَصْلًا فِي السُّنَّةِ وَهُوَ { قَوْلُهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حِينَ خَطَبَ فِي عَرَفَةَ لِشَخْصٍ مِنْ الصَّحَابَةِ اسْتَنْصِتْ النَّاسَ }

Baca Juga: Pertanda Ayam Berkokok di Pagi Hari, Apakah Melihat Setan Atau Malaikat?

“Pengangkatan muraqqi (Bilal) yang sudah dikenal adalah bid’ah hasanah, sebab ada dorongan untuk bersalawat kepada Nabi dan menyuruh diam dengan membaca hadis yang sahih yang dibaca oleh Nabi dalam khutbah-khutbahnya. Namun Nabi dan para sahabat tidak ada yang mengangkat muraqqi.

Ibnu Hajar mengambil dasar hukum tentang Bilal ini yaitu ketika Rasulullah Saw khutbah di Arafah beliau menyuruh sahabat agar menyuruh orang-orang diam," (Hasyiyah Qulyubi 4/79. Dikutip dari Tuhfatul Muhtaj Ibnu Hajar al-Haitami, 9/310).


5. Bedug sebagai penanda waktu Salat

فِي حُكْمِ ضَرْبِ الطَّبْلِ الْكَبِيْرِ الَّذِي اسْتَعْمَلَهُ مُسْلِمُوْ اَرْضِ جَاوَاهْ فِي مَسَاجِدِهِمْ لِلاِعْلَامِ بِدُخُوْلِ الْوَقْتِ وَالدَّعْوَةِ اِلَى الْجَمَاعَةِ وَهِيَ خَشَبَةٌ كَبِيْرَةٌ طَوِيْلَةٌ جِدًّا يُنْحَتُ جَوْفُهَا نَحْتًا وَاسِعًا وَيُجْعَلُ عَلَى وَجْهَيْهَا جِلْدُ نَحْوِ جَامُوْسٍ وَيُسَمَّرُ عَلَيْهَا بِمَسَامِرَ كَبِيْرَةٍ مِنْ خَشَبٍ تُضْرَبُ بِخَشَبَةٍ صَغِيْرَةٍ فَيَخْرُجُ مِنْهَا صَوْتٌ دَوِيٌّ .... قُلْتُ ضَرْبُ الطَّبْلِ الْمَذْكُوْرِ لِلْغَرَضِ الْمَذْكُوْرِ مُبَاحٌ نَطَقَتْ بِذَلِكَ النُّقُوْلُ الْمَذْكُوْرَةُ بَلْ هُوَ دَاخِلٌ فِي اْلبِدْعَةِ الْمَحْمُوْدَةِ

Baca Juga: Hukum Orang Yang Suka Selingkuh dan Seorang Pelakor

Hukum tentang Bedug digunakan oleh umat Islam Jawa di masjid-masjid mereka, untuk memberi tahu bahwa sudah memasuki waktu salat dan mengajak berjamaah.

Bedug adalah kayu berukuran besar yang panjang, didalamnya diberi lubang yang luas dan kedua tepinya ditutupi dengan kulit kerbau, dipaku dengan beberapa paku bersa yang terbuat dari kayu, kemudian ditabuh dengan kayu kecil, sehingga mengeluarkan suara gemuruh.

Kyai Mukarram mengatakan, menabuh bedug dengan tujuan di atas adalah boleh, bahkan di Islam termasuk dalam bid’ah yang terpuji (Risalah al-Jasus fi Bayani Hukmi an-Naqus 13-14, krya Syaikh Hasyim Asy’ari pendiri NU)***

Editor: M Anas Mahfudhi

Tags

Terkini

Terpopuler