Beredar Kabar Jokowi Restui Semua Fraksi Sepakat Copot Anies Baswedan, Benarkah?

- 6 Februari 2021, 20:55 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diisukan bakal diusung PDIP pada Pilkada 2022.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diisukan bakal diusung PDIP pada Pilkada 2022. /M Risyal Hidayat/ANTARA

Tuban Bicara - Telah beredar sebuah video berdurasi 11 menit 40 detik dengan judul “Semua Fraksi Sepakat Copot Anies Baswedan, Jokowi Beri Restui? ~ Berita Terbaru”.

Video itu disebarkanluaskan oleh salah satu Akun Facebook yang bernama Farida Noor. Akun tersebut membagikan sebuah postingan terkait Anies Baswedan di grup bernama “Jokowi yang terbaik”, lengkap disertai dengan link menuju akun YouTube “SKEMA POLITIK”.

Dalam unggahannya tersebut, akun Farida Noor juga memberikan link sebuah video yang berjudul “Semua Fraksi Sepakat Copot Anies Baswedan, Jokowi Beri Restu!? ~ Berita Terbaru”.

Baca Juga: Diserang Netizen Karena Cuitannya, Henry Subiakto: Kapan Ya Bangsa Ini Tidak Sensitif

Baca Juga: Menteri Agama, Gus Yaqut Imbau Masyarakat Agar Rayakan Imlek dengan Sederhana

Sontak saja video tersebut menjadi informasi yang mengejutkan khalayak publik.

Namun ternyata, setelah dilakukan penelusuran sesuai fakta dengan pemutaran video berdurasi 11 menit 40 detik tersebut, diketahui bahwa didalam narasinya sama sekali tidak menyinggung persoalan semua fraksi sepakat untuk mencopot Anies Baswedan sebagaimana yang tertulis dalam judul video tersebut.

Berdasarkan hasil analisis yang dilansir Tuban Bicara dari laman Turn Back Hoax pada Jumat, (05/02) diketahui bahwa di menit yang pertama hingga pada 00:06:16 video tersebut berisikan cuplikan-cuplikan siaran Presiden Jokowi bersama rapat kabinet yang mendesak seluruh jajarannya agar tidak lengah dalam penanganan kasus pandemi Covid-19.

Baca Juga: Sebut Dirinya Bukan Anggota FPI, Haikal Hassan Disebut Pengecut Oleh Ferdinand Hutahaean

Halaman:

Editor: Imam Sarozi


Tags

Terkait

Terkini

x