Ratna Juwita Sari, Geospasial Mengoptimalkan Potensi Desa

- 5 Desember 2020, 22:07 WIB
Ratna Juwita Sari, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) komisi VII DPR RI di bidang Energi, Riset dan Teknologi, dan Lingkungan Hidup. Paparkan manfaat geospasial dalam acara Diseminasi Informasi Geospasial yang diselenggarakan Badan Informasi Geospasial (BIG). Sabtu (5/12).
Ratna Juwita Sari, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) komisi VII DPR RI di bidang Energi, Riset dan Teknologi, dan Lingkungan Hidup. Paparkan manfaat geospasial dalam acara Diseminasi Informasi Geospasial yang diselenggarakan Badan Informasi Geospasial (BIG). Sabtu (5/12). /Doc tuban bicara/

Tuban BIcara - Ratna Juwita Sari, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) komisi VII DPR RI di bidang Energi, Riset dan Teknologi, dan Lingkungan Hidup. Paparkan manfaat geospasial dalam acara Diseminasi Informasi Geospasial yang diselenggarakan Badan Informasi Geospasial (BIG). Sabtu (5/12).

Bahwa manfaat yang paling sederhana, adanya informasi geospasial untuk pemerintah desa dan kabupaten memudahkan memaksimalkan potensi dan pengoptimalkan segala sesuatu yang terkait desa.

“Manfaat sederhana yang pertama yaitu tahu secara pasti dan konkrit letak desa,” ucapnya.

Baca Juga: Lenyapkan Kedzaliman, Amien Rais Siap Bersekutu dengan Habib Rizieq

Sebab menurut data BIG hasil penelitian tahun 2019, setidaknya ada 151 area saling klaim, 36 area tidak terindentifikasi, dan 1 area yang diperebutkan 3 desa di kabupaten Tuban.

“Menjadi penting untuk diketahui, jika letak pasti desa bisa juga meminimalisir adanya koflik batas wilayah antar desa,” tuturnya.

Lebih jauh lagi, Ratna Juwita menjelaskan, jika adanya peta desa maka potensi desa akan di ketahui secara detailnya. Baik sumber daya manusia (SDM) maupun sumber daya alam (SDA) yang ada.

Baca Juga: Laga Derby Berlin, Krzysztof Piatek Cetak 2 Gol Sekaligus

“Hal itu menjadi modal menentukan arah kemajuan yang di ambil di desa dengan pola seperti apa,” tegasnya.

Halaman:

Editor: Imam Sarozi


Tags

Terkait

Terkini