Peringati hari menanam pohon indonesia (HMPI), 43 Organisasi Lakukan Aksi Tanam Sejuta Pohon

- 28 November 2020, 19:39 WIB
Peringati hari menanam pohon indonesia (HMPI).*
Peringati hari menanam pohon indonesia (HMPI).* /M Anas Mahfudhi/

Tuban bicara - Berdasarkan catatan iklim Badan Meteologi klimatologi dan Geofisika (BMKG) di tahun 2019, menyebutkan suhu udara pada tahun 2019 merupakan tahun terpanas kedua setelah tahun 2016 di Indonesia.

Peningkatan panasnya tercatat mencapai 0,84 derajat Celsius. Perubahan iklim ini menjadi cambuk pada konferensi perubahan iklim 2019 di Madrid untuk lebih dapat mengendalikan iklim secara global oleh semua negara.

Emisi dan deforestasi menjadi fokus utama dalam penanganan iklim. Dari tahun 2015 hingga tahun 2019, greenpeace internasional mencatat terdapat 3.403.000 Hektar lahan terbakar di Indonesia.

Baca Juga: Kemanag Siapkan Tiga Skenario Penyelenggaraan Ibadah Haji tahun 2021

Bojonegoro yang 40% wilayahnya adalah hutan upaya trade carbon seharusnya menjadi keuntungan untuk menjaga kelestarian alam dan kebutuhan oksigen di Bojonegoro.

Namun, peningkatan suhu di Bojonegoro dan Tuban yang naik rata-rata 1,02 derajat selama sepuluh tahun terahir ini, dan juga permasalahan kekurangan sumber air yang selalu terjadi di musim kemarau dan banjir di musim hujan menjadi permasalahan tersendiri.

Berangkat dari permasalahan tersebut, 43 organisasi pemerhati lingkungan di kabupaten Bojonegoro dan Tuban yang tergabung dalam Gerakan Lestari Alam Raya (GELAR) melakukan Aksi Tanam Sejuta Pohon sebagai bentuk kepedulian terhadap kelestarian lingkungan dan merawat bumi.

Baca Juga: Empat Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Mencari Jodoh Online

"Gerakan ini dilakukan serentak di hari menanam pohon nasional tanggal 28 November 2020 di 19 titik penanaman di Kabupaten Bojonegoro dan Tuban" Ujar Rizal Zubaid Firdausi selaku koordinator acara kepada Tubanbicara.com 28, November 2020.

Menurut rizal, pembangunan yang selalu mengorbankan lingkungan tak luput dari masalah utama di negeri ini.

Halaman:

Editor: M Anas Mahfudhi


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah