Berikut Kompetisi Internasional Bergengsi yang Bisa Diikuti Pelajar Indonesia

- 21 November 2020, 22:06 WIB
Ilustrasi Medali /Yogi Abdul Gofur/

Tuban Bicara - Wahai pelajar Indonesia dimanapun engkau berada, khususnya di Bumi Ronggolawe 'Tuban' dan sekitarnya. Hidupkanlah status pelajar dengan mengukir tinta emas dan mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia, salah satu di antaranya dengan berkompetisi dan berlomba untuk menjadi yang terbaik.

Mengikuti kompetisi berskala internasional apabila menjadi pemenang, selain mengharumkan nama ibu pertiwi juga mempercantik wajah pendidikan Indonesia yang terkadang apabila menteri berganti kebijakan pun juga ikut berganti.

Dengan berkompetisi, apalagi hingga level dunia merupakan suatu hal istimewa, salah satu langkahnya ialah menemukan mata pelajaran kesukaan, kemudian mendalaminya dan diharapkan menjadi ahli ke depannya.

Baca Juga: Ngaji Kultura, Ngaji Esai Episode 3 PMII Punokawan

Sebelum jauh-jauh untuk menggapai mimpi mengikuti kompetisi internasional, alangkah baiknya memahami diri dan membaca informasi di bawah ini tentang kompetisi internasional bergengsi yang bisa diikuti pelajar Indonesia dan beberapa kompetisi berangkat dari seleksi Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang berjenjang dari madarsah/sekolah, kabupaten, provinsi, dan nasional.

International Biology Olympiad (IBO). IBO merupakan olimpiade biologi internasional. Olimpiade ini cocok bagi pelajar yang suka mempelajari ilmu hayat, buku Campbell merupakan salah satu bekal yang bisa digunakan untuk mengarungi samudera kompetisi Biologi dimanapun berada salah satu di antaranya IBO. Indonesia pernah menjadi tuan rumah pada tahun 2014 di Bali. Tahun 2020 dijadwalkan akan diadakan di Nagasaki, mengingat ada pandemi jadi ditiadakan. 

International Earth Science Olympiad (IESO). IESO yaitu olimpiade kebumian internasional yang diselenggarakan oleh International Geoscience Education Organization/IGEO. Materi yang diujikan tentang ilmu kebumian; geologi, meteorologi, oseanografi, dan lain sebagainya. Pertama kali digelar pada tahun 2007 dimana Korea Selatan menjadi tuan rumah. Delegasi Indonesia di kompetisi ini bernama TOIKI yang merupakan akronim dari Tim Olimpiade Ilmu Kebumian Indonesia.

Baca Juga: 66.778 Siswa Bersaing di Kompetisi Sains Madrasah Online 2020

IAO/International Astronomy Olympiad adalah olimpiade astronomi internasional. Pertama kali diselenggarakan pada tahun 1996 di Russia. Di wilayah regional Asia Pasifik juga ada The Asian-Pacific Astronomy Olympiad (APAO). Indonesia pernah menjadi tuan rumah APAO pada tahun 2013 yang diselenggarakan di Tomohon, Sulawesi Utara.

Halaman:

Editor: Yogi Abdul Gofur


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X