Wapres Beri Langkah Strategis dalam Pengembangan Industri Halal di Indonesia

- 14 November 2020, 19:16 WIB
Wapres Makruf Amin melakukan Zoom vitual
Wapres Makruf Amin melakukan Zoom vitual /twitter@Kiyai_MarufAmin/

Tuban Bicara - Wakil Presiden (wapres) Ma’ruf Amin memberikan langkah strategis dalam pengembangan industri halal di dalam negeri yaitu dengan cara melakukan riset sains tentang bahan dan meterial halal di Indonesia.

Baca Juga: Ketua Umum PBSI Soroti Lapangan Pelatnas

"Salah satu langkah strategis tersebut adalah memperkuat riset bahan dan material halal untuk industri serta melaksanakan substitusi atas bahan non-halal material industri impor, dengan bahan material halal industri dari dalam negeri,” katanya, saat membuka web seminar Konferensi Halal Internasional yang diselenggarakan Universitas Gajah Mada (UGM) secara virtual. Jakarta, Sabtu 14 November 2020.

Wapres Ma'ruf Amin menambahkan, keberhasilan industri produk halal di Indonesia sangat tergantung pada kemampuan dalam mengembangkan produk-produk bermanfaat, diminati pasar dan bernilai komersial tinggi.

Baca Juga: Laga Tandang Prancis ke Portugal, Mbappe Mungkin Akan Absen

Baca Juga: Terancam Terdegradasi, Swiss Merasa Frustasi Jelang Bertemu Spanyol

“Tanpa riset yang kuat, kita sulit untuk bersaing; apalagi mampu menguasai pasar halal dunia,” imbuhnya.

Agar riset halal berkesinambungan, lanjut Amin peneliti harus memperluas jaringan riset di tingkat dunia untuk menghasilkan inovasi baru dalam pengembangan industri halal.

“Para peneliti halal science Indonesia harus mampu menjalin kerja sama dengan jaringan riset halal dunia. Peneliti Indonesia juga harus tampil dan memberikan peran signifikan dalam inovasi industri halal global,” pungkasnya.

Halaman:

Editor: Imam Sarozi


Tags

Terkait

Terkini