BNPB Dorong Swab Test Bagi Relawan di Pengungsian Merapi

- 14 November 2020, 07:32 WIB
ILUSTRASI. Petugas melakukan tes swab. Foto:ist /Ist/

Tuban Bicara - Setelah beberapa kali gunung Merapi mengeluarkan guguran lava, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dorong relawan untuk melakukan swab test agar mencegah klaster baru penularan Covid-19.

Deputi Bidang Pencegahan BNPB Lilik Kurniawan, mengatakan teruntuk relawan Gunung Merapi saat mendampingi masyarakat harus re-aktif dari Covid 19.


"Kami dari BNPB dorong relawan yang mendampingi kelompok-kelompok rentan, yang nanti akan bekerja di lokasi evakuasi," katanya, melalui zoom, Jumat 13 Noveber 2020.

Baca Juga: PCINU Tiongkok Gelar Webinar Diplomasi Santri, Dahlan Iskan: Jadilah Walisongo

Selain melakuian swab test, dia juga menekankan penerapan protokol kesehatan tetap dijalankan di barak pengungsian. Dengan cara memberi sekat di tempat pengungsian.

"Sudah diberi sekat-sekat di barak pengungsian, kita pastikan lagi jangan sampai jadi klaster baru di tempat pengungsian," Ujarnya.

Kesempatan yang sama, dia juga memberikan catatan terkait dengan jalan-jalan yang mengalami kerusakan, dirinya menghimbau agar truk penambang pasir tidak melewati jalur evakuasi.

Baca Juga: Kurangi Keimpangan, Reforma Agraria Makmurkan Rakyat

"Untuk masyarakat yang berada di Kawasan Rawan Bencana (KRB) agar berhenti terlebih dahulu dari aktivitasnya. Baik itu wisata maupun penambangan," tutupnya.

Selain itu, dia meminta sirine-sirine yang ada di lereng Gunung Merapi dipastikan bekerja dengan baik.

Halaman:

Editor: M Anas Mahfudhi


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X