Wisata Kulineran di Pulau Jawa, Kota-Kota Mana Sajakah Yang Wajib Kita Kunjungi?

- 27 April 2022, 12:31 WIB
Tembok keraton Yogyakarta/tubanbicara
Tembok keraton Yogyakarta/tubanbicara /

TUBANBICARA.com - Keanekaragaman budaya Indonesia membuat negara kita sangat kaya.

Banyak suku di Indonesia juga memastikan kita punya banyak makanan enak.

Inilah sebabnya mengapa banyak pecinta kuliner di seluruh dunia lebih memilih datang ke Indonesia untuk mencari makanan tradisional dan lezat.

Sebagai contoh, wilayah Jawa terkenal dengan rempah-rempah yang melimpah dengan berbagai rasa. Bagi pengunjung dari berbagai daerah di Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Jawa Timur, tidak lengkap rasanya jika tidak mencoba berbagai makanan tradisional. 

Baca Juga: Teks Khutbah Idul Fitri 1443 H, Tema: Mengetuk Pintu Surga, Salah Satunya dengan Menjalin Silaturrahim

Jika Anda hobi tentang kulineran, Anda wajib mengunjungi enam kota di Jawa berikut ini. Melansir TUBANBICARA.com dari berbagai sumber, Makanan berat dan ringan bisa dinikmati di kota-kota ini.

1. Yogyakarta

Menu yang bisa Anda cicipi sangat beragam. Mulai dari gudeg khas Yogyakarta, sate kodok, Hopia Pasque ( Bakpia Pathuk), Gorengan, Oseng, Gatot Gunung Kidul, Nasi Tiwul. Yogyakarta juga merupakan rumah bagi banyak restoran legendaris yang menjamin cita rasa otentik yang selalu dikejar oleh penduduk lokal dan wisatawan. Misalnya, Jalan Kauman di Yogyakarta meliputi Gudeg Mbah Lindu Sosrowijayan, Gudeg Pawon, Mangut Lele Mbah Marto dan Wedang Ronde Mbah Paiyem.

2. Surabaya

Kota terbesar kedua di Indonesia ini juga kaya akan makanan lezat. Masakan Surabaya terkenal dengan rasanya yang asin dan pedas berani . Beberapa kuliner yang paling diincar adalah dari Rawon hingga rujak Cigur. Tak hanya itu, salah satu makanan tradisional yang populer seperti lontong balap masih menjadi pujaan banyak orang.

Halaman:

Editor: Fery Murya Vandi

Sumber: Pikiran Rakyat Tuban Bicara


Tags

Terkait

Terkini

x