Tangani Covid-19, Indonesia Dapat Bantuan dari Australia

- 15 November 2020, 18:18 WIB
Sri Mulyani Ajukan Pinjaman ke Pemerintah Australia.
Sri Mulyani Ajukan Pinjaman ke Pemerintah Australia. /Jurnal Presisi//instagram@smindrawati/

Tuban bicara - Pemerintah Indonesia mendapat gelontoran dana pinjaman dari pemerintah Australia senilai AUD1,5 miliar.

Pinjaman ini akan digunakan untuk mendukung pembiayaan anggaran tahun 2020, yang fokus pada pengendalian Covid-19 dan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

DIlansir dari rri.co.id Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, menjelaskan masa pembayaran pinjaman tersebut selama 15 tahun.

Baca Juga: Mengenai Pencarian Alien, Indonesia Mulai Mencari Tempat Layak Huni Selain Bumi

Melalui pinjaman diharapkan bisa mendukung program Covid-19 Active Response and Expenditure Support (CARES), yang dikoordinasikan oleh Asian Development Bank (ADB).

Dijelaskan bahwa covid-19 memberikan tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya kepada wilayah Indo-Pasifik dan dunia khususnya bagi Indonesia.

Dukungan pemerintah Australia tersebut menjadi bukti bahwa hubungan bilateral terjalin semakin kuat meski sama-sama mengalami tekanan akibat pandemi.

Baca Juga: The Journey of Toeban, Wujud Peranan Pemuda Optimalkan Potensi

Pinjaman ini juga mencerminkan semangat dari kedua negara untuk secara bersama-sama menangani tantangan pandemi Covid-19 yang luar biasa, baik dalam melindungi masyarakat maupun membantu dunia usaha.

“Kemitraan ini tidak hanya menunjukkan kuatnya hubungan antara Australia dan Indonesia, tetapi juga pemahaman sebagai negara tetangga, bahwa kita mempunyai tujuan yang sama untuk pemulihan dan penguatan ekonomi, dan bahwa kita tidak bisa pulih sendirian di tengah pandemi Covid-19,” kata Sri Mulyani dalam keterangannya, Kamis 12 NOvember 2020.

Halaman:

Editor: M Anas Mahfudhi

Sumber: rri.co.id


Tags

Artikel Terkait

Terkini

X