Benarkah 4 Tenaga Kesehatan Meninggal Setelah di Vaksinasi, Cek Faktanya Berikut!

- 7 Maret 2021, 10:50 WIB
mis informasi terkait isu vaksinasi Covid-19 yang sehingga membuat masyarakat semakin memicu ketakutan untuk melakukan vaksin tersebut.
mis informasi terkait isu vaksinasi Covid-19 yang sehingga membuat masyarakat semakin memicu ketakutan untuk melakukan vaksin tersebut. /Instagram/@kemenperin/

Tuban Bicara - Beredarnya mis informasi terkait isu vaksinasi Covid-19 yang sehingga membuat masyarakat semakin memicu ketakutan untuk melakukan vaksin tersebut.

Seperti halnya baru-baru ini beredar klaim yang mempertanyakan meninggalnya empat tenaga kesehatan setelah disuntik vaksin Covid-19 Sinovac muncul di Facebook pada 25 Februari 2021.

Berdasarkan klaim tersebut menyatakan, meskipun sejumlah pihak mengatakan bahwa keempatnya meninggal bukan karena Covid-19, akan tetapi mereka meninggal dengan penyebab yang sama, yakni penyakit kardiovaskular (cardiovascular), kelainan darah (blood disorder), dan kerusakan otak (brain damage).

Baca Juga: Manfaat Tidur Siang bagi Kecerdasan Otak

"Walau tim cek fakta dan beberapa media klaim bukan karena vaksin covid tapi kenapa semuanya meninggal dengan ciri ciri penyebab yang sama seperti korban lain di luar negeri?,” tulis keterangan dalam unggahan di akun Facebook.

Dalam unggahan tersebut juga menyatakan bahwa klaim ciri-ciri penyebab yang sama itu meliputi Cardiovascular, Blood Disorder, Brain Damage.

Menurut akun tersebut, penyebab meninggalnya seorang dokter di Palembang, Sumatera Selatan, usai disuntik vaksin Covid-19 adalah penyakit jantung (cardiovascular).

Baca Juga: Anak Kurang Cerdas Dan Pintar? Coba 5 Makanan Berikut Ini untuk Bantu Otak Anak

Sementara itu, seorang nakes di Cilacap karena demam berdarah (thrombocytopenia/blood disorder), seorang nakes di Blitar karena demam dan sesak napas (cardiovascular), dan Direktur Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIK) Tamalatea Makassar karena sesak nafas (cardiovascular).

Lalu benarkah terdapat empat tenaga kesehatan yang meninggal akibat vaksin Covid-19?

Halaman:

Editor: Muchlis T

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Terkait

Terkini

X