Benarkah Minum Air Pagi Hari Menyehatkan Bagi Tubuh?

- 20 Desember 2020, 09:54 WIB
Ilustrasi minum air putih.
Ilustrasi minum air putih. /Pexels/daria


Tuban Bicara - Air Merupakan komponen penting bagi tubuh manusia dan minum air tidak harus dilakukan pada pagi hari usai bangun tidur, walaupun urin gelap tidak selalu menjadi indikator tingkat hidrasi tubuh.

Dalam hal ini di sebuah studi yang menganalisis berbagai status hidrasi dan asupan cairan pada 164 orang dewasa menunjukkan, meskipun ada peningkatan asupan air dalam beberapa jam pertama setelah bangun tidur, tingkat hidrasi mereka tidak terpengaruh secara signifikan.

Kendati demikian, orang masih bisa kurang terhidrasi bahkan minum air di pagi hari dan meskipun urinnya berwarna terang.

Baca Juga: Benarkah Orang Gemuk Perlu Minum Air Banyak

Baca Juga: Bahayakah Minum Air Es Saat Cuaca Panas?

Setiap kali Anda merasa haus, cukup minum air yang cukup. Rasa haus adalah sensasi yang diminta tubuh saat membutuhkan air dan itu bisa terjadi sepanjang hari, tidak hanya di pagi hari.

Asupan air berpotensi meningkatkan laju metabolisme orang dewasa 24-30 persen, sehingga mendorong penurunan berat badan.

Hal yang lain, sekitar 48 kalori dibakar hanya dengan minum air dua kali lipat dari jumlah biasa setiap hari.

Secara ilmiah meskipun ini benar, tetapi tidak ada bukti yang menyarankan hasil ini terbatas pada mengkonsumsi air di pagi hari.

Dalam sebuah penelitian, dehidrasi ringan akan mengganggu kewaspadaan mental, kinerja fisik dan konsentrasi, sehingga peneliti merekomendasikan untuk minum air putih saat bangun tidur karena meningkatkan fungsi kognitif.

Halaman:

Editor: Imam Sarozi


Tags

Terkait

Terkini

x