Cek Fakta: Beredar Kabar 3 Juta Penduduk Inggris Beramai-ramai Masuk Agama Islam, Simak Ulasannya!

- 13 Maret 2021, 19:11 WIB
Tangkapan layar yang menyebutkan tiga juta penduduk Inggris dikabarkan beramai-ramai masuk agama Islam yang diunggah salah satu pemilik akun Facebook pada 9 Maret 2021.
Tangkapan layar yang menyebutkan tiga juta penduduk Inggris dikabarkan beramai-ramai masuk agama Islam yang diunggah salah satu pemilik akun Facebook pada 9 Maret 2021. /Facebook Arief Delta

Tuban Bicara - Beredar narasi di media sosial yang mengeklaim ada tiga juta penduduk di Inggris secara serentak masuk agama Islam.

Namun setelah dilakukan penelusuran fakta yang dikutip dari Turn Back Hoax pada Sabtu, 13 Maret 2021, narasi yang mengeklaim tiga juta penduduk Inggris beramai-ramai masuk agama Islam adalah hoaks atau keliru.

Narasi tersebut diunggah oleh pemilik akun Facebook Arief Delta pada 9 Maret 2021 dengan narasi lengkapnya seperti berikut:

Baca Juga: Kabar Jika Andi Mallarangeng Dilaporkan Demokrat Versi KLB ke Polda Metro Jaya

"Yang beginian bikin cebong naik darah
Innaddina indallahil Islam. 3 Juta Orang Inggris Masuk Islam Secara Serentak. Subhanallah.."

Faktanya, setelah dilakukan pencarian fakta terkait alamat website yang ditunjukkan pengunggah, yakni BUKUNEWSCHECK(dot)ONLINE pada unggahan  tersebut adalah rekayasa.

Informasi bahwa ada tiga juta orang Inggris masuk Islam juga tidak benar.

Baca Juga: Andi Mallarangeng Dilaporkan Demokrat Versi KLB ke Polda Metro Jaya 

Tiga juta orang Islam di Inggris yang dimaksud merupakan hasil kalkulasi penduduk menurut agama dari tahun-tahun sebelumnya sehingga bukan serentak.

OSN atau Badan Statistik Nasional setempat, mencatat pada tahun 2016 jumlah penduduk Islam di Inggris mencapai tiga juta orang atau setara dengan 5,4 persen dari total populasi. 

Halaman:

Editor: M Anas Mahfudhi

Sumber: Bekasi Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Terkait

Terkini

X