Kabar Bahagia! Indonesia Inisiasi Forum Ekonomi Kreatif di ASEAN

- 12 Maret 2021, 17:30 WIB
Indonesia Inisiasi Forum Ekonomi Kreatif di ASEAN
Indonesia Inisiasi Forum Ekonomi Kreatif di ASEAN /Pixabay/nguyenthuantien

Tuban Bicara - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengajak negara-negara anggota ASEAN untuk meningkatkan ekonomi digital melalui transformasi digital, terutama dalam sektor ekonomi kreatif.

"Kami menyampaikan inisiatif Indonesia untuk menyelenggarakan ASEAN Creative Economy Business Forum yang akan diselenggarakan pada November 2021 dengan tema Enhancing Digital Creative Economy: A Step Towards Regional Economic Recovery," kata Johnny G. Plate saat pertemuan virtual 15th ASEAN Ministers Responsible for Information (AMRI) Jumat 12 Maret 2021.

Peluang untuk memanfaatkan teknologi digital sangat besar, menurut Johnny G. Plate, transformasi digital merupakan salah satu solusi yang dipilih untuk mengatasi tantangan zaman saat ini.

Baca Juga: Brunei Terpilih Menjadi Ketua ASEAN, Malaysia Ucapkan Selamat

Transformasi digital akan efektif jika masyarakatnya memiliki kemampuan literasi digital.

"Indonesia berharap forum tersebut dapat mempercepat implementasi ASEAN Comprehensive Recovery Framework yang pada akhirnya akan berkontribusi pada proses pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Di sini, kami ingin menyampaikan apresiasi Indonesia atas dukungan yang diberikan terhadap inisiatif ini, dan di bawah platform AMRI, kami berharap forum dapat lebih berkontribusi dalam peningkatan ekonomi digital," kata Johnny G. Plate.

Baca Juga: Jokowi Dorong ASEAN Gerakkan Ekonomi Berbasis Digital

Menkominfo menggarisbawahi upaya berkelanjutan AMRI dalam mempromosikan kesiapan digital dan aksesibilitas digital yang inklusif, antara lain meliputi peningkatan penyiaran digital, peningkatan literasi media dan kesehatan siber, peningkatan kapasitas personel media, serta peningkatan teknologi penyiaran baru.

Indonesia dalam pertemuan tersebut menegaskan kembali nilai-nilai yang melandasi ASEAN.

"Di bawah platform AMRI, ASEAN telah berjanji untuk memanfaatkan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk memajukan kerja sama di kawasan.

Lebih penting lagi, Pertemuan tersebut menekankan pada penggunaan komunikasi publik yang tepat untuk mempromosikan rasa identitas dan komunitas kawasan yang lebih luas, sebuah perasaan yang dipandu oleh dukungan panjang ASEAN terhadap multilateralisme, saling menghormati, kedaulatan, kesetaraan, dan yang terpenting, demokrasi," kata Johnny G. Plate.

Baca Juga: Indonesia Inisatif Travel Corridor Arrangement (TCA) dalam Forum KTT ASEAN Ke-37

Dengan melindungi dan menjamin pelaksanaan hak dasar individu, kebebasan berekspresi dan kebebasan berbicara, demokrasi akan meningkat.

Indonesia berkomitmen menjunjung nilai demokrasi dengan memastikan kualitas informasi yang disebarkan di ruang digital maupun ruang fisik.

"Indonesia juga telah mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas arus informasi dengan terus memperbarui dan mengembangkan regulasi terkait. Ini untuk memastikan perlindungan yang seimbang antara ucapan dan ekspresi dengan kepentingan publik lainnya, serta untuk mengikuti dinamika di era disruptif ini," tambah Johnny G. Plate.

Baca Juga: Bikin Cemas! Pasukan Amerika Serikat Siap Turun Tangan Jika Militer China Terobos Wilayah Jepang

Dalam pertemuan tersebut, Indonesia mengajak negara anggota ASEAN untuk memberikan perlindungan bagi hak masyarakat dalam masyarakat demokratis.

"Dalam catatan ini, Indonesia menyampaikan pemikiran dan doanya atas situasi yang sedang berlangsung di Myanmar.

Halaman:

Editor: Muchlis T

Sumber: Antaranews.com


Tags

Terkait

Terkini