Cek Fakta: Beredar Narasi Jual Miras Hukumnya Boleh Jika Digunakan untuk Bantu Kas Negara, Simak Faktanya!

- 1 Maret 2021, 22:13 WIB
Narasi hoaks - Benarkah Menjual Miras Hukumnya Boleh Jika Digunakan untuk Membantu Kas Negara? /Facebook Yunda

Tuban Bicara - Beredar narasi di media sosial yang mengeklaim bahwa menjual minuman keras (miras) hukumnya boleh jika digunakan untuk membantu kas negara.

Narasi tersebut diunggah oleh pemilik akun Facebook Yunda pada 27 Februari melalui sebuah tangkapan layar artikel di media berita Kompas yang berjudul, "Jual Minuman Keras Hukumnya Boleh untuk Membantu Kas Negara".

Dalam foto tersebut juga diperlihatkan sosok Wakil Presiden, Ma'ruf Amin yang diketahui adalah orang yang mengucapkan pernyataan tersebut.

Baca Juga: Terbongkar! Inilah Alasan Mengapa Istri Almarhum Syekh Ali Jaber Tak Pernah Keluar Rumah

Namun setelah dilakukan penelusuran fakta yang dikutip dari Turn Back Hoax pada Senin, 1 Maret 2021, narasi yang mengeklaim menjual miras hukumnya boleh untuk membantu kas negara adalah keliru atau hoaks. 

Adapun narasi yang dituliskan oleh akun Facebook Yunda adalah sebagai berikut:

"Aku pikir dengan terpilihnya seorang iyai jadi wapres akan membuat umat Islam tidak dibatasi , ulama dilindungi dan syariah Islam ditegakkan.. Ternyata aku salah."

Baca Juga: Tanggapi Perizinan Legalitas Miras Oleh Presiden, Ketua MUI: Mudaratnya Bagi Investasi umat

Faktanya, tidak ditemukan satu pun artikel di Kompas yang memuat berita seperti narasi di atas.

Judul pada artikel tersebut adalah hasil suntingan. Ditemukan artikel aslinya berjudul “Wapres Ma'ruf Amin Disuntik Vaksin Covid-19 Sinovac Pagi Ini”, tayang di laman Kompas di waktu yang sama persis yakni 17 Februari 2021, pukul 8.34, selain itu gambar yang disertakan pada artikel juga sama persis.

Halaman:

Editor: M Anas Mahfudhi

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Terkait

Terkini

X