Museum Nasional Korea Buat Konten Virtual 3D untuk Permudah Pengunjung Lihat Koleksi

- 18 Desember 2020, 19:36 WIB
Salah satu area yang ada di Museum Nasional Korea (ANTARA/Ho) /

Tuban Bicara - Museum Nasional Korea menyelenggarakan program Korean Culture and Information Service (KOCIS) untuk memudahkan dan mulai mengadaptasi cara berkomunikasi baru dengan pengunjung, salah satunya dengan memanfaatkan penggunaan teknologi digital.

Kurator Museum Nasional Korea Chang Eun-jeong mengatakan akibat pandemi Covid-19, Museum Nasional Korea membuat ruang pameran online, pameran ini dapat ditemukan pada homepage museum menggunakan Virtual Reality (VR).

"Video ini direkam secara 360˚ sehingga dapat berputar melihat bagian dalam ruang pameran virtual yang dibuat persis dengan pameran sebenarnya dan juga dibuat agar pengunjunng dapat melihat barang dan materi-materi yang dipamerkan," kata Chang Eun-jeong, Seperti dikutip tuban bicara dari antaranews.com, Jumat 18 Desember 2020.

Baca Juga: Polda Jabar Amankan 3 Mucikari dari Kasus Prostitusi Online Artis Berinisial TA

Baca Juga: Setelah Mengalami Kemunduran Tayang, Film “Wonder Women” Akhirnya Resmi Tayang di Bioskop Indonesia

Chang Eun-jeong mengatakan pihaknya telah membuat Konten Virtual Museum dengan resolusi tinggi sehingga dapat dinikmati secara detail baik gambar, video. Pameran ini memungkinkan pengunjung yang berasal dari luar negeri dapat menikmati koleksi yang ada di museum tersebut.

"Untuk barang pameran khusus kami menyediakan informasi yang diinginkan oleh pengunjung dengan memasukkan foto, tulisan, video, dsb. Konten Virtual Museum seperti ini biasanya hanya dioperasikan dalam periode terbatas dan ini merupakan permulaan dari tujuan Archiving yang mencatat pameran spesial 3D yang sudah selesai," ujar Chang Eun-jeong.

Selain itu, Museum Nasional Korea juga menghadirkan open platform e-Museum yang melayani pengunjung dengan menggali informasi tentang barang yang dimiliki museum baik itu Museum Nasional, terbuka atau milik swasta.

Baca Juga: Aditiya Halidra Faridzky-Riyadi Unggul berdasarkan rekapitulasi KPU Tuban

Halaman:

Editor: Imam Sarozi

Sumber: Antaranews.com


Tags

Artikel Terkait

Terkini

X